Blog

Sunday, October 28, 2012

Pilah Pilih Susu

Dari masa kecil saya tuh milk addicted bangetz. Jujur, baru bisa lepas botol susu waktu masuk SD. Sudah gitu, ortu juga percaya akan kesaktian susu. Hukum minum susu udah kaya fardhu 'ain aja buat keluarga kami. Yang jelas jadinya saya doyan banget sama aneka susu, makanan-makanan bersusu, dan aneka turunan susu. Saya gak pernah mengalami eneg atau kekhawatiran lain yang diakibatkan oleh susu. 

Waktu SD, sering tuh ada promo minum susu gratis. Saya heran banget lihat beberapa teman gak mau ikut antri minum susu. Saya sih, kalau bisa sembunyi-sembunyi antri lebih dari 1x bakal ngulang antri. hihihi... Rutinitas minum susu juga berlanjut sampai akhirnya saya harus tinggal pisah dengan ortu. Bukan karena alesan gak suka susu, tapi karena faktor M (males menjerang susu tiap pagi) dan in the name of tight budget sebagai anak kos-kosan :P.

Waktu tinggal di Batu, milk addictednya kumat lagi. Secara di sini daerah produsen susu segar. Kami sempat nyoba beberapa susu dari beberapa pengedar. Baik dari koperasi, penjual keliling, atau teman yang punya ternak. Ada susu yang benar-benar segar, jadi belum diproses. Harus dimasak sendiri. Biasanya dikemas di plastik literan. Ada juga yang sudah dipasteurisasi. Jadi tinggal di glek aja. Ada masanya saya jadi hobi menyoba ngolah-ngolah kayak buat dressing salad, pudding, pancake, dan aneka cake. Sempat langganan pula, tapi terus berhenti gara-gara pengedarnya hamil. 



Akhir-akhir ini, masalah susu jadi trending topic di rumah kami. Mengingat kondisi khusus yang saya hadapi dan mitos yang beredar yang menyunnahkan pemakain susu, maka mulailah pilah pilih susu. Maunya kembali ke pelanggan susu atau beli di pengedar susu. Tapi browsing sana-sini ternyata ada kekhawatiran kalau susu murni semacam itu tidak benar-benar steril. Okeh....jadi untuk keputusan pertama saya mengkonsumsi susu bubuk. Tentu susu bubuk yang sesuai dengan kondisi kebutuhan saya. 

Gak seberapa lama, ada teman yang ngajak ngobrol dan juntrungannya kita ngomongin masalah susu. Dia cerita, kalau di rumah dia pake susu cair. Bla...bla..bla... saya jadi penasaran sama plus minus susu cair dan bubuk. Mulai deh browsing sana-sini. Finnally, saya menyimpulkan ternyata susu bubuk aka formula yang banyak beredar dan laris manis hakekatnya tidak berbeda satu sama lain. Sudah maklum kan, sekarang ini ada macam-macam varian susu. Yang susu orang tua lah, susu tulang, susu remaja, susu ibu hamil, susu ibu menyusui, susu anak lah. Susu anak aja macemnya buanyaaak. Susu bayi, susu anak umur sekian, susu anak umur sekian, dan sebagainya. Anyway, suamih udah nyeletuk sih, susu mah semua sama aja. Macam-macam susu ini itu gara-gara orang Indonesia gampang diiming-imingi iklan. Dalam hati sih sebenernya setuju. Habisnya makin hari lihat iklan susu udah semakin gak masuk akal aja. Tapi tetep sempat keukeuh minum susu bubuk formula, alasannya ada formula plus yang diberikan sesuai kondisi khusus konsumen. Tapi ternyata kesimpulan hasil browsing penambahan formula itu gak signifikan juga dengan kehilangan gizi akibat susu diproses jadi bubuk. (Kalau mau tahu alasan detailnya bisa ditengok di sini dan sini). Logikanya makin panjang umur susu maka nilai gizi asli susu makin banyak yang berkurang. Jadilah saya berpikir untuk beralih ke susu cair. Pilihannya adalah susu UHT atau pasteurisasi lalu susu komersil atau susu murah meriah versi Batu. 

Oke, pertimbangan pertama adalah memilih antara UHT dan pasteurisasi. Dari segi keutuhan gizi susu, susu pasteurisasi lebih unggul. Makanya daya tahannya pendek. Mentok seminggu. Waktu susu bubuk saya habis, saya langsung pilih susu UHT. Ini karena alasan praktis. Masalahnya di minimart sini gak ada yang jual susu pasteurisasi komersil macam Di***nd atau Gr***f**ld. Kalau mau beli harus ke supermarket yang parkir dan jalannya aja bikin males. :P. Alternatif susu pasteurisasi adalah beli di pengedar susu atau koperasi. Kekuatiran paling besar kalau beli di pengedar susu adalah pasteurisasi tradisional mereka gak membunuh mikroorganisme yang berbahaya buat tubuh. Pilihan lainnya adalah beli susu pasteurisasi di koperasi. 

Sebelum beli susu pasteurisasi, saya tanya-tanya dong sama penjualnya. Emang kalau beli di koperasi lebih meyakinkan. Keputusan sementara ini saya pake pasteurisasi koperasi lokal. Susunya dikemas di botol plastik. Penjualnya pesan, umur susunya pendek banget. Kalau di luar pendingin cuma 7 jam. Kalau di freezer bisa sampai 3-4 hari. Bisa juga di pendingin tapi suhunya harus disetting dingin banget. Yang lega, susu pasteurisasinya juga berlogo halal (bukan MUI sih). Jadi terhindar dari was-was. Cuman nih...waktu saya beli susu yang putih ternyata udah ditambah gula. Maniiiiis banget. Buat saya itu minusnya. Udah terbiasa minum yang plain. Semoga jadi susu yang benar-benar sehat, menyehat\kan. Oh yaa....kalau minum susu sekalian diniatkan ngikutin sunnah Rasul yang hobi minum susu juga :) :) sama bismillah ya... 




2 comments:

  1. aaaawww,,, aku ngga suka susu,,,
    kecuali susu yang udah jadi es krim ama jadi keju, ehehehe,,,,

    ReplyDelete
  2. aku dulu suka susu, pas hamil minum susu UHT aja karena ga ada susu segar disini.. , ho oh DSOGku juga bilang gitu.. susu bubuk kebanyakan rantai prosesnya, banyak vitamin yang hilang..

    anak2 blom pernah minum susu bubuk hehehehe, jadi kalo pergi ga ada cerita bwa termos kemana mana *ribet* .. bawa susu kotak sajaah :D

    ReplyDelete