Blog

Saturday, July 21, 2012

Awal Ramadhan 1432 H

...masih dalam seri mengenang perjalanan awal Ramadhan tahun lalu...
saya dan suami melewati Ramadhan di Kuala Lumpur. bukan... ini bukan perjalanan spiritual. murni jalan-jalan plesiran, yang secara kebetulan tiket murah yang dipesan (ternyata) bertepatan dengan awal Ramadhan. yang jelas sempat merasakan perbedaan yang sangat antara suasana Ramadhan di KL dan Indonesia. dan jelas, itu semua bikin tambah kangen cepet pulang ke kampung halaman.

1. Acara TV
di indonesia, TV pada berlomba-lomba nyiarin acara bertema Ramadhan atau setidaknya islami. ngutek-utek tivi di penginapan... yeee, cuman nemu soap opera lokal. adzan maghrib disiarin normal ditambah doa buka puasa. that's it! atau mungkin saya yang gak nemu channel tivi yang tepat yaaawww.....??!! waktu sahur... jangan harap deh... acara lempeng aja.
2. Hebohnya Masjid
masjid adem ayem. FYI, jumlah masjid gak sebanyak di indonesia kayaknya. di indonesia, utamanya di daerah jawa timur, gak ada susah-susahnya cari masjid. kebetulan rombongan kami menginap di daerah KL Sentral. menurut peta, masjid terdekat adalah Masjid India. masjid itu bisa dilihat dari atas monorail. sepi boww..!! suara riuh adzan atau terawih gak kedengaran. jadi kangen suara anak-anak kecil yang paling heboh dan semangat kalo' lagi teraweh. selain itu kami juga kesulitan menandai kapan masuk waktu imsak. 
3. Petasan
ramadhan identik dengan petasan. sapa sih yang gak tau?? saya sendiri gak tau pasti sih, definisi petasan. tapi yang jelas waktu kecil saya suka main kembang api dan kembang tetes saat Ramadhan. malah itu jadi momen yang dinantikan. okelah... tapi saya gak gitu suka dengan petasan yang menimbulkan suara menggelegar. saya menyebutnya mercon. sekarang ini, sepertinya ada perpaduan antara mercon dan kembang api. okelah... saya suka menyaksikan gebyar kembang api di langit. meriah banget. tapi kalau saya berada di dekat penyulut petasan model begituan, biasanya saya menjauh. gak kuat heboh bunyinya. anyway... di KL gak ditemukan hal semacam itu.
4. Jualan Ta'jil
nah... kalo ini sama kaya' di Indonesia. di beberapa tempat, penjual jajanan mengelompok. kebanyakan adalah penjual gorengan, es, dan buah segar. tapi jujur ya... gak ada yang menarik. :(

# disclaimer : tulisan ini sama sekali tidak bisa dipakai sebagai referensi perbandingan suasana Ramadhan KL dan Indonesia. saya hanya mampir 2 malam disana. saya juga hanya muter-muter di daerah sentra turis macam KL Sentral, Bukit Bintang, KLCC, Masjid Jamek, dan Genting.  

0 comments:

Post a Comment