Blog

Thursday, August 9, 2012

Khataman Qur'an Ramadhan

ide ini bisa dibilang dadakan. terinspirasi dari acara khataman yang digelar teman lewat BBM. suami kemudian menginisiasi kegiatan serupa. mumpung ramadhan. sekali diumumkan ternyata peminatnya luar biasa. mulai dari teman sma, kuliah, sampai orang-orang yang gak kami kenal sama sekali. mulai dari pekerja, pelajar, santri, dan ibu rumah tangga.
suami membuat sistem yang sederhana. setiap orang dipersilahkan mengkhatamkan 1 juz qur'an dalam waktu 2 hari. suami dan sahabatnya yang mengadministasikan dan membagi-bagi. setiap 2 hari sekali dibacakan doa khotmil qur'an dan birrul walidain (doa yang disusun oleh Sy. Ali Zainal Abidin). bagi yang sudah selesai mengkhatamkan bisa laporan juga titip doa khusus. misalnya kirim fatihah kepada orang tua, dimudahkan hajat-hajat spesifiknya yang insyaAllah dibacakan bersama dia khotmil qur'annya.

alhamdulillah, kegiatan yang tidak dimulai sejak awal ramadhan ini sudah berjalan 3 gelombang. artinya sudah khatam 3 kali. sudah ada 3 group. kurang lebih 1 groupnya berisi 30an orang. kebanyakan memang diadministrasikan lewat BBM. ada juga beberapa yang lewat sms atau soc-media lain. 
di sepenggal jalan ini, udah mulai macem-macem ceritanya. apalagi group yang isinya mayoritas emak-emak. mulai tiba-tiba haid jadi gak bisa baca qur'an. ada juga yang anaknya sakit jadi terhambat nyelesein targetnya. ada juga yang rakusnya minta ampun, gak cukup 1 juz jadi 4 juz disikat habis. ada yang ringan tangan senantiasa ngerapiin daftar monitoring kita. ada yang ngotot ikutan terus padahal mo ikut mudik suaminya di luar negeri. tapi ya itu.. alhamdulillah, karena berangkat dari niat ibadah, jadinya seru aja. 
...kami minta doanya ya... jauh di angan-angan kami, pengennya kegiatan ini berlanjut di luar ramadhan nanti.

FYI buat yang pengen gabung, silahkan mention ke @yuswono atau @missunita. atau bisa inbox pin BB untuk permohonan gabung. tua muda laki perempuan - yang penting punya semangat dan komitmen baca 1 juz selama 2 hari. :) :)



0 comments:

Post a Comment