Blog

Thursday, September 6, 2012

Menunya Halal atau Haram?

"Waktu lebaran kemarin ketemu temen yang jadi TKI di Singapore yang malam sebelumnya sempet ikut reuni kecil teman-teman sekolahan dulu di salah satu tempat makan. Yupp...lebaran emang jadi ajang buat kumpul-kumpul lepas kangen sama temen2 yang udah pada mencar kemana-mana. Sebelum masuk tempat makan, temen TKI saya ini nanya tuh tempat makan halal gak. Nah beberapa temen njawab dengan kalem setengah cuek. Sejak lama tinggal di luar negeri, si temen TKI saya ini emang jadi terbiasa hati-hati sama makanan"
Jujur sih, kalau saya pribadi bener-bener perhatian sama halal-nya kuliner itu baru-baru ini aja. Dulu sih mikirnya selama bukan makan menu berbabi atau beranjing... amaaan aja. Makin kesini jadi makin hati-hati juga.
Awal banget berhati-hati yaa waktu saya dan suamih mulai suka jalan-jalan. Waktu pertama kali sok-sokan bisa ke Singapore, kami bener-bener hati-hati. Memastikan jualannya emang bener-bener halal. Waktu itu kami gak berani makan varian di restoran makanan Cina, secara kami gak bisa bedain bener-bener halal atau haram. Pilihannya masakan melayu atau timur tengah. Yang paling menyiksa adalah waktu kami jalan ke Melaka. Ternyata...di tempat tujuan kami, mayoritas adalah penjual makanan Cina. Khasnya sih Chiken Rice Ball. Sayangnya gak nemu sama sekali tanda-tanda tulisan halal. Ya udah... seharianlah kami menahan lapar. Untung sebelum berangkat kami makan nasi lemak komplit dengan teh hangat.

Mau gak mau, jalan-jalan ke daratan asing itu bikin kesadaran kami soal tahu itu makanan halal atau haram makin peka. Pelajaran selanjutnya adalah kami jadi lebih hati-hati dan membiasakan bawa data tempat makan halal di tujuan travelling kami.
Jalan-jalan yang bikin kami juga hati-hati adalah waktu kami ke Samosir. Mayoritas disana memang bukan warga muslim bahkan kalau kata abang-abang yang nongkrong di pelabuhan kebiasaan minum arak buat warga lokal sudah selayaknya kebiasaan minum jamu buat orang Jawa. :) Syukurlah, saat itu kami sudah lebih antipatif. Sebelum nyebrang dari Prapat, kami dah beli nasi matang dan lauk-laukan yang tahan sampai besoknya di warung muslim. Belum lagi saya juga bawa bekal serundeng. Ammmaaann.

Nah... praktek hati-hati gini yang malah agak susah di kampung halaman. Paling aman yaa beli makanan di tempat yang sudah terlabel halal dari MUI. Membiasakan diri kita tanya ke tukang bakso, "Halal gak pak, baksonya...??" kadang bisa bikin geli. :)

0 comments:

Post a Comment